Ada yang tanya begini lagi pada saya:

“Om, tehnik awal (teknik dasar fotografi) jadi fotografer apa aja si om yang paling penting? Jika saya mau belajar serius di dunia fotografi dari nol, kira-kira saya harus mulai dari mana? Apa yang harus dikuasai terlebih dahulu? Lalu, apakah hanya dengan lensa standar bawaan kamera, saya bisa mengambil gambar yang bagus?”

Begini kira-kira jawabannya:

Teknik Dasar Fotografi - Cara dan Tahap Belajarnya

Kunci awal (yang pertama) belajar fotografi adalah, kuasai dan pahami kamera, lensa atau alat lainnya yang kita punya terlebih dahulu. Itu yang terpenting dan yang paling utama. Baca buku manual alat kita sampai paham. Sambil langsung praktek memotret pastinya.

Selanjutnya (kedua), baru kita mencoba memahami bagaimana dan apa itu angle (sudut pandang), komposisi, tata letak, warna, pencahayaan (lighting), dan lain sebagainya. Pada proses ini, kita bisa belajar dari melihat dan mempelajari hasil karya foto orang lain dan dari karya para fotografer yang kita kagumi. Jangan malu untuk bertanya dan selalu diskusi pada teman yang lain, terutama yang mau dengan senang hati berbagi. Jangan enggan juga untuk minta kritik dan saran dari orang yang lain yang lebih tahu ya.

Pada tahap selanjutnya (ketiga), pahami dan belajar membuat konsep, membuat foto yang berbeda, dan berkolaborasi lintas minat bidang fotografi lainnya. Setelah itu, (keempat) ketahui, dimana minat khusus kita pada fotografi, apakah wedding photography, macro, fashion, lubang jarum, commercial photography atau hanya sekedar hobby saja. Itu semua tergantung pada diri kita masing-masing.

Nah, terkait masalah alat yang masih standar, baik itu kamera maupun lensa dan lain sebagainya, kuncinya ada pada pengenalan alat kita. Sehebat atau sebagus apapun alat kita, kalau kita tidak kuasai alat kita, yakinlah, hasil kita tak akan maksimal. Namun, sebaliknya, jika kita sudah kuasai alat, dengan alat biasa, kita pasti bisa menghasilkan karya yang luar biasa.

So, mari tetap semangat belajar bersama ya!

 

Artikel lain yang terkait ini dan wajib dibaca:
- Belajar Fotografi: Cara Memulai & Rekomendasi Alatnya
- Belajar Fotografi Harus Paham Teknik Dasar Fotografi & Kamera

 

salam Mishbahul Munir,
Owner Poetrafoto Photography
web: http://www.poetrafoto.com
FB: http://facebook.com/poetrafoto
follow twitter @poetrafoto ya… :)