Tips Cara Merawat File Foto, Kamera & Peralatan Fotografi Usai Pemotretan. Artikel ini hanya berisi saran dan sharing kebiasaan yang sering saya lakukan. Semoga bermanfaat ya :)

Tips Cara Merawat File Foto Kamera dan Peralatan Fotografi Usai Pemotretan

Tips Cara Merawat File Foto Kamera dan Peralatan Fotografi Usai Pemotretan

Tips Cara Merawat File Foto

Jika usai pemotretan apapun, apalagi foto dokumentasi yang sangat penting, seperti liputan foto pernikahan, liputan kejadian-kejadian penting untuk para wartawan, dan lain sebagainya (khususnya yang moment-nya tidak bisa diulang lagi), biasakan kalau sampai dirumah/kantor/studio, usahakan untuk segera back up file foto.

Jadi, segera copy seluruh file foto ke harddisk komputer atau harddisk external yang kita punya. Jika kita melakukan pemotretan di luar kota, usahakan membawa laptop atau netbook dan harddisk external supaya bisa mengamankan file foto hasil jepretan kita. Back up ini kita lakukan sesegera mungkin usai pemotretan. Jangan menunggu atau jeda dengan kegiatan lainnya. Jika waktu memungkinkan, segera saja copy file foto kita.

Lalu Persiapkan atau Simpan Kamera, Lensa dan Alat

Setelah itu, cek baterai flash external, kamera, trigger, dll. Jika baterai sudah mepet atau bahkan habis, segera isi ulang waktu itu juga. Jika baterai kita adalah baterai sekali pakai, belilah stok yang cukup. Jangan nunggu ada event berikutnya baru di isi atau beli baterai baru. Lalu, dalam setiap penyimpanan, copotlah semua baterai dari peralatan kita. Pisahkan, jangan sampai masih nempel di kamera atau flash external kita. Hal ini akan sangat berbahaya, selain baterai bisa habis sendiri, akan terjadi kemungkinan konsleting pada peralatan kita jika ada baterainya.

Satu hal lagi, cek kamera dan lensa kita. Jika kamera terlihat kotor, segera bersihkan walaupun hanya sekedar di lap pakai kain, tisu pembersih atau jika sempat pakai kuas khusus atau blower kecil yang khusus memang untuk membersihkan kamera dan lensa.

Semua sudah?

Kita sudah siap tuh menghadapi event dan job berikutnya!

Semoga sukses dan pekerjaan kita lancar selalu! Amiiin…

Semangat!!!

 

ditulis oleh Mishbahul Munir
Owner POETRAFOTO Photography
Our web: http://poetrafoto.com/
Our FB: http://facebook.com/poetrafoto/
Follow our Twitter @poetrafoto